Hai sobat,pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana cara menambahkan user pada owncloud.
A. Pengertian
OwnCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.
B. Latar Belakang
Jika tidak ada user pengguna lain tidak bisa saling sharing file, maka dari itu dibutuhkan nya user.
C. Maksud Dan Tujuan
Untuk memudahkan sharing file.
D. Alat Dan Bahan
1. PC / Laptop
2. Aplikasi owncloud
E. Tahap Dan Pelaksanaan
1. Login ke dalam Owncloud sebagai Admin.
2. Klik menu Admin dipojok kanan atas --> pilih user.
3. Muncul tampilan seperti dibawah. Disini saya belum menambahkan Grup. Untuk menambahkan User kita harus menambahkan Grup terlebih dahulu.
4. Klik pada Dropdown Groups --> klik +add group.
5. Jika sudah, masukan nama Grup yang ingin anda buat. contoh: eskatuga
6. Jika Grup sudah telah dibuat kita masukkan user dan password baru --> pilih grup yang sudah dibuat tadi --> Create.
7. Dan berikut tampilan user yang sudah dibuat.
F. Referensi
http://www.dewamahesa.tk/2016/09/cara-menambah-user-pada-owncloud-di.html
G. Hasil Dan Kesimpulan
Dengan adanya user pada owncloud, dapat memudahkan pengguna untuk sharing file dengan pengguna user lainnya.
Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan semoga bermnafaat.
Wassalamu'alaikum W.r W.b
EmoticonEmoticon